Pelajaran dari Sebuah Kontes SEO

Sebuah Kontes SEO yang sarat gengsi (menurut pengamatan saya) baru saja berakhir kemarin (15 September 2009). Sebuah kontes SEO yang diprakarsai oleh salah seorang master di bidang bisnis online. Kontes yang sangat banyak menyedot animo dari para blogger di Indonesia, mulai dari yang masih junior hingga para master pun tidak sungkan untuk ikut berlomba.

Bukan hanya karena hadiah yang ditawarkan, paling tidak kontes SEO semacam ini dapat menaikkan pamor pemenang kontes di dunia maya. Sebuah nilai yang tentunya lebih berharga dari sekedar lembaran rupiah. Banyak pelajaran berharga yang dapat menambah ilmu di bidang SEO. Apalagi bagi junior seperti saya, yang tidak mengerti apa-apa.

Tulisan ini bukan bermaksud untuk menggurui siapapun. Hanya berupa refleksi atau catatan kecil dari seorang blogger pemula ketika mengamati kontes ini beberapa waktu lalu. Bagi yang tidak berkenan dapat dianggap sebagai angin lalu.

Menurut hemat saya, search engine merupakan suatu hal yang sulit ditebak. Namanya juga berhubungan dengan sebuah mesin, pasti membutuhkan suatu hal yang bersifat teknis untuk menaklukannya. Menurut sebagian orang, tiap search engine mempunyai rumus tersendiri dalam mengindeks suatu situs.

Dari kontes SEO SDSA saja, kita dapat melihat betapa sengit pertarungan yang terjadi antar sesama kontestan. buktinya banyak kontestan yang bisa bertengger di 10 besar dalam waktu yang cukup lama, pada akhirnya harus legowo menyaksikan situs mereka terus melorot posisinya karena disodok oleh kontestan yang lain.

Berkaitan dengan hal tersebut, ilmu di bidang SEO merupakan ilmu yang akan sangat dinamis. Tidak pernah pernah stagnan. Bisa saja ilmu yang kita kuasai saat ini, akan tidak berlaku lagi di kemudian hari. logikanya mungkin pemenang di suatu kontes SEO, belum tentu akan menang lagi di kontes yang lain.

Idealnya, para pemenang kontes SEO harus selalu berbenah untuk terus berupaya menambah ilmunya di bidang SEO. untuk suatu saat mungkin bisa berbangga hati, namun bila tidak siap, reputasi sebagai "master SEO" pun perlahan akan memudar.

Bagi para pemenang, saya ucapkan selamat. Namun bagi yang kurang beruntung, berjiwa sportif adalah pilihan terbaik. Ternyata apa yang kita inginkan dan usahakan belum tentu bisa kita dapatkan. Percayalah, semua ini ada hikmahnya. Dan bagi yang bisa mengambil hikmahnya, saya yakin di kemudian hari anda akan menjadi lebih baik.

1 comments:

  1. dengan adanya kontes SEO itu adalah momen tepat untuk tes dan uji sampai sejauh mana kita dalam menguasai SEO, tetep semangat kawan... SEO adalah hal wajib di cobain...:D

    ReplyDelete