Narkoba, Modus Baru Penipuan

Narkoba, modus baru penipuan. Ya, saya baru tahu teknik penipuan yang satu ini, tapi tidak tertutup kemungkinan teman blogger sudah ada yang mengetahuinya.

Sebenarnya masalah tipu menipu dalam dunia telekomunikasi sudah menjadi hal biasa, terutama via SMS yang mengatasnamakan operator tertentu. Pun begitu, HP saya pun tidak pernah sepi menerima pesan sampah seperti itu. Namun kali ini saya menemui modus yang berbeda, melalui telpon secara langsung dengan mengatasnamakan satuan narkoba kepolisian.

Kronologi kurang lebih seperti ini. Peristiwa persis terjadi tadi subuh (Ahad, 13 november 2011), sekitar jam 4 lebih. Cukup aneh bagi saya menerima panggilan telpon di jam-jam segitu, apalagi nomornya tidak dikenal. Namun saya berpikiran jangan-jangan ada teman atau saudara yang membutuhkan saya.

Begitu telpon diangkat terdengar suara aneh di seberang. Saya sampai bingung dan mengernyitkan dahi mencoba menebak suara apakah gerangan. Tapi saya memperkirakan kalau itu suara tangisan orang dewasa. Ketika saya masing bingung, tiba-tiba telpon beralih tangan. 

Seseorang dengan datarnya mengaku petugas kepolisan dari sat narkoba, tapi tanpa dijelaskan lokasi jelasnya. Dia menyebutkan telah menggelar razia narkoba dan menangkap beberapa orang, salah satunya dia vonis sebagai salah satu saudara saya. 

Dia menjelaskan dapat nomor saya dari salah satu pelaku. Dengan santainya dia menjelaskan bahwa mumpung kasus ini belum tercium wartawan, lebih baik segera diselesaikan. Saya langsung geram mendengar itu jelas ini akan menjurus ke penipuan. Saya gertak aja langsung. Eh ternyata dia tidak kehabisan akal. Dia terus mencari celah, dengan menanyakan apakah ada saudara atau anak saya yang sedang tidak di rumah.

Dengan geramnya saya katakan. "Maaf Bapak, semua saudara saya ada di rumah. Dan terlebih menikah pun saya belum, bagaimana mau punya anak!!!!". Dan telpon pun langsung saya tutup.

Dari peristiwa ini saya menyimpulkan bahwa, sudah ada modus penipuan baru yang mengintai kita. Asumsi saya penipuan dengan modus seperti ini lebih mengintai para perempuan ataupun ibu-ibu yang biasanya mudah panik. Oleh karena itu, bercermin dari pengalaman saya, mari kita hati-hari, karena kini Narkoba, Modus Baru Penipuan!


1 comments:

Post a Comment