Makanan Ibu Hamil

Dear sahabat,
Berbahagialah bagi sahabat yang sedang hamil. Karena kehamilan adalah suatu anugerah yang sangat luar biasa. Tapi ingat ya sahabat, nutrisi sangat mempengaruhi kehamilan. Asupan nutrisi harus seimbang, agar dapat mencegah komplikasi dan berbagai macam gangguan dalam kandungan. 

Sahabat yang sedang hamil jangan sampai menderita kekurangan gizi, karena akan menyebabkan bayi lahir dengan berat rendah dan beresiko mengalami IQ rendah serta gangguan tumbuh kembang. Berikut ini beberapa makanan ibu hamil agar terhindar dari gangguan kehamilan.



    * Makanan pencegah perdarahan saat hamil. Perdarahan terjadi karena anemia, oleh sebab itu kebutuhan zat besi sangat dibutuhkan. Zat besi, bisa didapatkan dengan mengkonsumsi sayuran dan daging merah. Namun jika berlebihan dapat menimbulkan rasa mual. Selain itu, perdarahan juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi kalsium, asam folat, vitamin B-kompleks dan vitamin A.
    *  Makanan pencegah tekanan darah tinggi saat hamil. Kandungan vitamin A, C dan E yang terdapat pada sayuran dan buah dapat menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil karena mengandung antioksidan. Selain itu bisa juga mengkonsumsi susu yang diperkaya kalsium, seng, mangaan, tembaga, selenium, asam folat, vitamin D dan B-kompleks.
    * Makanan pencegah infeksi. Vitamin A, seng, zat besi, tembaga dan vitamin B-kompleks sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu yang sedang hamil. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang bagus, maka infeksi tidak akan mudah menjalar. Karena jika terkena infeksi, akan menulari janin dalam kandungan.

Semoga dengan mengetahui makanan ibu hamil, dapat meningkatkan kesehatan ibu dan janin dengan mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan. Selamat mencoba :)

0 comments:

Post a Comment