Tips (alternatif) Menurunkan Berat Badan

Tips (alternatif) menurunkan berat badan, yupz benar ini hanya alternatif ya sahabat....,

wow, ternyata baru sadar, terakhir posting di blog ini sudah hampir 1 tahun yang lalu. ckckkk..., dan tidak tahu mengapa hari ini hasrat posting di blog kembali datang lagi. daaaan tulisan pertama adalah mengenai hal-hal yang dekat dengan kehidupan pribadi.

sahabat, beruntunglah yang berat badannya mudah dikendalikan alias selalu berada pada zona ideal. Tapi sayang sekali saya tidak termasuk salah satunya. Bukan bermaksud untuk menyalahkan hal lain, tapi kebanyakan hal tersebut memang disebabkan karena pola hidup yang kurang baik.

Beberapa tahun ini, diakui saya kurang perhatian dengan masalah ini. dan akibatnya....., berat badan terus merangkak naik. Tidak tanggung-tanggung naiknya sampai 2 digit (geleng-geleng kepala). 



Sumber gambar di sini

Beruntung, beberapa pekan ke belakang tiba-tiba muncul motivasi untuk mengembalikannya ke level yang seharusnya. Mudah? tidak juga sahabat, hal ini membutuhkan tekad baja. berikut beberapa hal yang saya lakukan untuk menggapai berat badan ideal, tapi sekali lagi ini alternatif ya, tiap orang berbeda dalam merespon apa yang terjadi pada badannya.

1.  Benarkan Niat

Yupz, niat adalah segalanya lo sahabat. berkali-kali saya gagal diet. belajar dari pengalaman itu, saya mencoba meluruskan paradigma berpikir saya, bukan untuk terlihat good looking saja akan tetapi saya ingin hidup sehat.

Hidup sehat. Dua kata itu yang memotivasi saya untuk terus berjuang menurunkan bobot badan. ingat ya sahabat, good looking, langsing bla bla adalah bonus ya. oh iya badan kita tidak langsung gemuk dalam waktu sehari dua hari kan? makanya jangan terlalu bernafsu untuk secara instan menurunkn berat badan, bertahap saja, nikmati prosesnya. dan ternyata hasilnya luar biasa :)

2. Olah Raga (ringan) Teratur

satu hal ini yang biasanya malas dilakukan oleh kebanyakan orang. padahal seperti layaknya barang yang lain, kalau terus diisi dan tidak pernah dikeluarkan, kebayangkan bagaimana jadinya. Nah begitu pun dengan badan kita, kalau terus diisi berarti harus mau memprosesnya sehingga tidak menumpuk dalam badan kita. 

Olah raga apa yang cocok? saya yakin setiap orang berbeda-beda minatnya. Saya memilih lari kombinasi jalan dan bersepeda. alasannya karena mudah dilakukan dan bisa dilakukan kapan saja sendirian, tidak perlu  menunggu teman yang lain. Kuncinya lakukan dengan rutin walaupun tidak terlalu lama.

3. Benahi Pola Makan

Sahabat, tubuh kita bukan tempat sampah yang dapat dijejali apa saja ya...., ingat ini adalah aset yang Tuhan berikan dan harus kita jaga. membenahi pola makan perlu kesadaran yang tinggi. apalagi bagi sahabat yang sulit membedakan lapar fisik dan lapar emosi. So sebelum makan, alangkah lebih baik kita memastikan dulu kebutuhan tubuh kita yang sebenarnya. 

Secara pribadi saya mulai menghindari jenis-jenis makanan yang terlalu berat bagi tubuh saya dan mencoba mengalihkannya kepada yang berserat. Yakinlah, meskipun awalnya berat, namun apabila terus dilakukan maka kita akan terbiasa juga.

Sahabat, sekian dulu tulisan kali ini, saya telah berhasil turun 7 kg dalam waktu sekitar 2 bulan lebih nih, selamat berjuang :)



0 comments:

Post a Comment