Pengalaman Investasi di Indo Premier (IPOT Fund)

Pengalaman Investasi di Indo Premier

Tulisan ini hanya memaparkan pengalaman pribadi penulis berinvestasi di Indopremier.com. Disclaimer: Tulisan ini tidak ada sangkut pautnya secara langsung dengan Indo Premier secara resmi.


Pengalaman Investasi di Indo Premier 

Pertama kali berkenalan dengan indo premier sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu, tapi karena satu dan lain hal penulis hanya membaca ulasan yang ada di beberapa blog dan forum internet.  

Pada tahun 2016, tanpa sengaja ketika browsing penulis terdampar di tulisan yang mengulas mengenai investasi online, salah satunya mengulas tentang kemudahan yang ditawarkan oleh indo premier ketika berinvestasi. Sekedar catatan, penulis mulai berinvestasi kecil-kecilan sejak 2013. 

Langkah investasi yang penulis ambil setelah secara tidak sengaja membaca cuitan para financial planner kondang di negeri ini di twitter. Penulis yang saat itu berprofesi sebagai tenaga honore tertegun ketika menyadari betapa tidak pastinya masa depan yang akan dihadapi. Apalagi sebagai honorer tidak ada kepastian dana pensiun dari pihak pemberi kerja. Semuanya harus direncanakan oleh penulis sendiri. Ada kegalauan tersendiri pada saat itu, bagaimana menghadapi masa tua dengan segala ketidakpastian.

Setelah baca cuitan suhu-suhu financial planner, akhirnya penulis teracuni juga. Semakin cepat berinvetasi, semakin muda memulai berinvestasi maka semakin kecil dana yang perlu dikeluarkan tapi semakin besar hasil yang kemudian dapat diperoleh.

Penulis memulai dengan menerapkan slogan salah satu financial planner favorit penulis, Ligwina Hananto, Tujuan lo apa? penulis memulai merencanakan keuangan walaupun dana terbatas. Penulis meyakini (semoga tidak salah) perencanaan keuangan tidak melulu dilakukan oleh orang-orang dengan harta berlimpah, tapi semua orang harus merencanakan keuangan dengan baik. Dengan merencanakan keuangan berarti kita mensyukuri rejeki yang sudah Tuhan berikan.

Ok, pengalaman detailnya tentang awal mempelajari perencanaan keuangan secara sederhana melalui internet akan penulis berikan di tulisan lainnya. Kembali ke indo premier, situs ini menawarkan aneka kemudahan dalam berinvestasi. Sampai saat ini penulis baru menggunakan fitur IPOT FUND yaitu fitur yang memberikan pelayanan dalam jual beli reksadana (Mutual Fund).

Kenapa penulis memilih IPOT Fund? ya itu tadi kembali ke masalah dana yang penulis punyai :). Memulai investasi di IPOT Fund sangatlah mudah, hanya klik sana klik sini, isi data.... taraaaaa akhirnya terdaftar juga. 

Indo Premier memberikan opsi kepada pendaftar untuk mendaftar di akun UMUM atau akun SYARIAH. Penulis pribadi memilih mendaftar akun Syariah.


Bagi yang malas mengisi data, Indo Premier memberikan opsi register by phone. Petugas Indo Premier akan meminta bebrapa data. Selain data pokok, kita juga akan diminta menjawab beberapa kuesioner yang intinya akan menganalisis profil resiko kita sebagai investor.

Langkah pendaftaran sudah dilakukan, maka akan ada email yang dikirimkan kepada kita. Cukup di print, lengkapi  isiannya, dibutuhkan beberapa materi sebagai pelengkap dokumen dan kirimkan balik ke pihak Indo Premier. Tidak lupa lengkapi pula dengan Foto copy dokumen KTP, NPWP, buku tabungan. Bagi anda yang tinggal di wilayah Jakarta ada layanan pick up dokumen ke tempat kita, tapi bagi yang tinggal di luar Jakarta cukup kirimkan via pos.

Ketika dokumen sudah sampai, petugas indo premier akan melakukan verifikasi, biasanya diikuti verifikasi by phone. Jika lolos, maka tidak lama username dan password akan dikirimkan via email. Berikutnya nomor rekening dana nasabah (RDN) untuk melakukan transaksi efek. 

Ketika sudah lengkap semuanya, silakan login dan penuhi beberapa isian tambahan. Jangan lupa untuk mengganti password ya. Tapi yang paling penting adalah isi dulu rekening RDN nya supaya dapat langsung transaksi.

Mudah kan? Selamat berinvestasi :)





0 comments:

Post a Comment