Mengenal Mesothelioma dan Penyebabnya


Apakah sahabat bekerja di salah satu bidang berikut ini: tambang, pekerja pabrik, pekerja konstruksi, mekanik, dll? Jika iya, maka saya merkemomendasikan sahabat untuk kenalan lebih jauh dengan mesothelioma.
penyakit mesothelioma dan penyebabnya
source: mesothelioma.com

Mesothelioma merupakan salah satu penyakit yang termasuk pada kanker paru-paru. Penyakit ini sangat langka, namun apabila terserang maka sangat berbahaya dan mematikan. Tulisan ini tidak bermaksud untuk menakut-nakuti, tetapi lebih sebagai pengingat bagi saya pribadi maupun sahabat. Karena walaupun tidak bekerja di salah satu bidang di atas, tetapi penyebab penyakit ini sangat jamak ditemui sekarang ini.

Secara khusus mesothelioma adalah kanker yang berkembang di sel-sel mesothelium. Di manakah itu? yaitu di membran-membran yang membentuk beberapa lapisan rongga tubuh internal manusia.  

Biang kerok utama dari penyakit ini adalah asbes tepatnya debu asbes. Benda kecil ini adalah 90% penyebab penyakit mesothelioma. karena partikelnya yang kecil, maka benda ini mudah terhirup atau tertelan oleh manusia. Celakanya kalau ini terjadi maka ia akan mengendap di paru-paru-paru atau di dalam perut.

Selain asbes, penyebab lainnya bisa juga karena zat erionite atau zat zeolit mineral. Zat-zat ini sangat mirip dengan serat asbes. 

Mungkin banyak bertanya, banyak orang yang bergelut di salah satu bidang di atas, tapi mereka masih sehat-sehat aja? Iya penyakit ini pun dipicu oleh beberapa faktor lain. Beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko terjangkit penyakit ini, selain karena sering berada di lingkungan yang banyak debu asbes, adalah individu yang merokok, ada riwayat anggota keluarga yang terjangkit penyakit ini, dan lain sebagainya.

Apabila sahabat memenuhi salah satu hal di atas, tidak ada salahnya melakukan cek up kesehatan secara rutin. Kesehatan adalah investasi jangka panjang. Salam sehat untuk sahabat semua :)

disclaimer: tulisan disusun dari berbagai sumber, apabila ada kesalahan mohon dikoreksi. Saya bukan bagian dari praktisi kesehatan, hanya mencoba berbagi info tentang mesothelioma.

0 comments:

Post a Comment